Sabtu, 27 Agustus 2016

Contoh Soal Pilihan Ganda Mengkritik dan Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

  Tidak ada komentar
Berikut ini adalalah contoh soal pilihan ganda tentang materi mengkritik dan memuji berbagai karya (seni/produk) kelas 9 SMP/MTs.

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Pilihlah jawaban yang tepat!

1. Kalimat yang tepat untuk mengkritik lukisan yaitu ....
A. Wow, indah sekali lukisan ini! Lihatlah, seolah-olah kita benar-benar sedang menikmati pemandangan.
B. Bagus sih. Cuma sayangnya, perpaduan warna-warnanya kurang serasi. Antara benda yang satu dan yang lain besarnya tidak proporsional.
C. Betul sekali. Baru kali ini saya melihat lukisan yang benar-benar hidup.
D. Lukisan ini biasa saja. Menurutku tidak ada yang istimewa.

2. Pernyataan berikut yang merupakan kritik terhadap karya seni adalah ....

A. Patung kuda itu begitu gagah, kekar, dan menyiratkan kekuatan yang super.
B. Mobil batik ini klasik, punya nilai agung. Akan tetapi, pewarnaan terlalu menyala, kurang kalem.
C. Lagu yang dibawakan Sherina malam itu terasa indah dengan aransemen yang ditata begitu apik.
D. Kelompok penari telah membawakan tariannya dengan gemulai. Apalagi diiringi oleh musik gamelan yang mengalun sendu.

3. Kalimat kritikan yang baik terhadap lukisan adalah ....
A. Lukisan itu sangat indah, sayang makna yang terkandung dalam lukisan itu tidak dapat dipahami oleh penikmat.
B. Pelukis yang hebat akan menghasilkan lukisan yang hebat dan disenangi oleh masyarakat.
C. Lukisan itu bagi saya tidak menarik karena pewarnaannya tidak merata.
D. Lukisan-lukisan karya pelukis ternama memiliki harga jual yang relati tinggi.

4. Kalimat pujian yang baik terhadap patung adalah ....

A. Patung tersebut memiliki detail yang menarik, sayang ukiran patung tersebut tidak rata.
B. Patung tersebut memiliki bentuk yang unik, tetapi bentuk tangan patung tidak proporsional.
C. Patung yang sangat indah akan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
D. Perpaduan unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa.

5. Kalimat yang menunjukkan kekurangan karya seni adalah ....
A. Perpaduan warna yang sangat kontras, tetapi menghasilkan karya yang unik.
B. Lukisan yang mirip dengan pemandangan asli sehingga orang mengira lukisan tersebut adalah foto.
C. Lukisan yang menarik, sayang sekali tidak ada keunikan yang dapat ditemukan.
D. Lukisan abstrak yang sangat unik dan mencerminkan perasaan hati pelukisnya.

6. Kalimat kritikan yang baik terhadap lukisan adalah ....
A. Lukisan itu tidak pantas berada di sini.
B. Lukisan ini menarik, sayang tidak memiliki makna.
C. Lukisan ini sama sekali tidak manarik.
D. Lukisan abstrak yang menarik dan memikat.

7. Kalimat pujian yang baik terhadap suatu lukisan adalah ....
A. Lukisan yang indah, tetapi tidak terawat.
B. Lukisan yang indah dan sederhana.
C. Lukisan yang memiliki pewarnaan yang cukup baik.
D. Sangat disayangkan lukisan sebagus ini dibiarkan begitu saja.

8. Kalimat yang menunjukkan kelebihan karya seni adalah ....

A. Ukiran di dinding itu terlihat tidak menyatu.
B. Hal yang diungkapkan dalam lukisan benar-benar tampak nyata.
C. Makna yang terdapat dalam lukisan tidak dapat ditemukan penikmat seni.
D. Bentuk tangan dan kaki patung tidak seimbang dengan keseluruhan patung.

9. Kalimat yang menyatakan kekurangan atau kelemahan suatu produk adalah ....

A. Mencuci bersih dan tidak merusak pakaian.
B. Daya listrik kecil, tetapi sinar terang benderang.
C. Gambar televisi kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat.
D. Udara AC dingin sedingin kutub utara.

10. Kalimat pujian terhadap suatu produk terdapat dalam kalimat ....
A. Jahitan baju ini halus dan haganya terjangkau.
B. Keripik ini terlalu keras.
C. Mesin cuci tidak dapat mencuci baju dengan bersih.
D. Daya listrik lampu neon terlalu besar.

11. Pernyataan di bawah ini yang merupakan kritik terhadap produk adalah ....
A. Bohlam lampu mudah putus.
B. Magic jar ini dapat memasak nasi lebih cepat.
C. Kapasitas lemari es lebih banyak.
D. Mesin cuci dengan kapasitas banyak, tetapi daya listrik kecil.

12. Pernyataan berikut yang merupakan kritik terhadap karya sastra yaitu ....
A. Puisi karya Rendra benar-benar menyentuh hati.
B. Novel itu ceritanya sangat bagus. Namun, karakter dar tiap-tiap tokoh kurang menonjol.
C. Pementasan drama oleh teater bengkel benar-benar memukau.
D. Perpaduan musik dan pembacaan puisi oleh Rieke Diah Pitaloka begitu indah.

13. Pujian terhadap karya seni yang tepat yaitu ....
A. Wow, indah nian lukisan itu.
B. Pahatan patung itu benar-benar kasar.
C. Ukiran hasil karyamu sungguh mengagumkan.
D. Pergelaran tari klasik di TMII menarik banyak pengunjung.

Ilustrasi berikut untuk soal 14  dan 15.

Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Setya Budi, OSIS SMP Setya Budi mengadakan pementasan teater. Pementasan teater dari kelompok teater SMP Setya Budi dihadiri beberapa tamu undangan, guru, karyawan, dan siwa-siswi  SMP Setya Budi. Beberapa tamu undangana mengatakan bahwa pementasan teater tersebut sangat bagus . sementara itu beberapa siswa SMP Setya Budi menganggap pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.

14. Kalimat pujian yang sopan digunakan untuk memuji pementasan teater tersebut yaitu ....
A. Sebenarnya pementasan kelompok teater SMP Setya Budi sangat memukau. Akan tetapi kostum yang digunakan kurang mendukung penampilan mereka.
B. Sungguh luar biasa pementasan teater tadi. Menurut saya, belum ada kelompok teater remaja yang dapat menandingi pementasan tadi.
C. Teater panggung yang digunakan kelompok teater SMP Setya Budi sangat sederhana. Tata panggung yang sederhana merupakan penyebab pementasan itu kurang maksimal.
D. Penonton pementasan berduyun-duyun ingin melihat pementasan teater SMP Setya Budi. Panitia sangat pandai  mempromosikan acara pementasan tersebut.

15. Kalimat kritikan sopan yang dapat digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut yaitu ....
A. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira dapat melakukannya.
B. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan  banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu?
C. Teater SMP Setya Budi masih perlu berlatih secara intensif lagi penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya yakin penampilan-penampilan selanjutnya akan lebih baik.
D. Kelompok teater SMP Setya Budi sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. Akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai.


Kunci Jawaban: 
1) B,  2) B,  3) A,  4) D,  5) C,  6) B,  7) D,  8) B,  9) C,  10) A,  11) A,  12) B,  13) C,  14) B, 15) C

Tidak ada komentar :

Posting Komentar