Contoh Soal Teks Rekaman Percobaan
Berikut ini Contoh Soal Teks Rekaman Percobaan dalam bentuk Soal Pilihan Ganda (PG).
Pilihlah jawaban yang tepat!
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan makna tersurat dalam kutipan teks rekaman percobaan
1. Bacalah teks berikut!
Ketahuilah bahwa sabun lidah buaya sangat alami, ramah lingkungan, dan gampang dibuat. Selain itu juga lidah buaya terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat tubuh bersih dan lebih segar.
Informasi tersurat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. Sabun lidah buaya sukar dibuat
B. Lidah buaya dapat ditemukan di mana-mana.
C. Sabun lidah buaya membua tubuh lebih bersih dan segar.
D. Lidah buaya dapat dipakai untuk wajah.
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan kalimat utama dalam teks rekaman percobaan
2. Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.
Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Indikator Soal: Siswa dapat menyimpulkan teks rekaman percobaan.
3. Bacalah teks berikut!
Taplak meja biasanya dipakai untuk menutup dan menghias meja. Taplak meja sendiri sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah tidak kamu berpikir untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.
Tujuan pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar kita sehingga lebih bernilai guna dan bermanfaat.
Simpulan teks di atas adalah ...
A. Tamplak meja sebagai penutup dan penghias meja dan bisa dibuat sendiri dengan barang bekas.
B. Tamplak meja pembuatannya cukup mudah
C. Taplak meja terdapat di toko-toko.
D. Tamplak meja dari bahan bekas tahan lama
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks rekaman percobaan.
4. Bacalah teks berikut!
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, harus ada langkah-langkah untuk menangani dan membasminya. Salah satu langkahnya adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
Sebetulnya, saat ini cukup banyak pilihan cara untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun tikus atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya bila mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Membuat jebatakan tikus dengan jebakan sederhana
B. Tikus hewan yang berkeliaran di malam hari
C. Tikus mengganggu sawah dan ladang penduduk
D. Tikus harus dibasmi
Indikator Soal: Siswa dapat menyusun kalimat petunjuk membuat suatu produk
5. Perhatikan teks berikut!
1) Tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
2) Aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.
3) Peras jus lemon ke dalam mangkuk
4) Panaskan kertas yang sudah ditulis dengan mendekatkannya ke bola lampu.
5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran
6) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
7) Tulis pesan diatas kertas putih.
Susunan langkah membuah tinta tidak terlihat tersebut yang benar adalah ....
A. (3), (1), (2), (5), (7), (6), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (7), (4), (6)
C. (3), (1), (2), (4), (6), (7), (5)
D. (2), (1), (2), (5), (7), (6), (4)
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan makna kata sulit dalam sebuah teks percobaan.
6. Cermatilah teks berikut!
Minuman adalah cairan yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus.Cairan berupa air putih diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.
Selain air putih, ada minuman lain yang memberi khasiat tambahan lagi bagi kesehatan tubuh, yaitu susu dan jamu. Susu berasal dari hewan, seperti susu sapi yang mengandung kalsium dan protein untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jamu berasal dari rempah-rempah yang dicampur sesuai manfaat yang diharapkan, seperti jamu kunyit asam untuk menjaga berat badan.
Makna kalimat yang tercetak miring pada teks di atas adalah …
A. Air putih diperlukan untuk memberi tenaga pada tubuh demi berlangsungnya hidup.
B. Air putih diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dan mengeluarkannya kembali demi berlangsungnya hidup.
C. Air putih diperlukan untuk membentuk dan mengurangi zat di dalam tubuh demi berlangsungnya hidup.
D. Air putih diperlukan untuk mengimbangi makanan yang masuk ke dalam tubuh demi berlangsungnya hidup.
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan struktur dalam teks rekaman percobaan.
7. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cuci lidah buaya hingga bersih
2) Potong lidah buaya kecil-kecil
3) Peras lidah buaya yang sudah dipotong hingga serat nya keluar.
4) Tambahkan air sedikit
5) Tambahkan pewangi secukupnya
6) Aduklah sampai semua tercampur
Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks rekaman percobaan pada ...
A. Tujuan
B. Bahan dan alat
C. Langkah-langkah
D. Hasil
Indikator Soal: Siswa dapat menyempurnakan kalimat yang tidak padu dalam sebuah teks percobaan
8. Bacalah kalimat berikut!
(1) Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yang tidak digunakan lagi oleh seseorang, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar. (2) Sampah itu dengan sendirinya dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. (3) Sampah organik adalah sampah yang lebih mudah membusuk. (4) Sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk.
Perbaikan kalimat nomor (2) pada teks tersebut adalah ....
A. Sampah itu sendiri dibagi menjadi sampah organik dan anorganik.
B. Sampah dengan sendirinya dibagi menjadi dua bila ditilik dari sifatnya.
C. Sampah itu terdiri dari dua jenis, yakni sampah organik dan anorganik.
D. Dilihat dari sifatnya, sampah dibagi dua jenis, yaitu organik dan anorganik.
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan langkah dalam melaksanakan suatu percobaan
9. Perhatikan petunjuk membuat tape ketan berikut!
(1) Kukus hingga matang!
(2) Bungkus ketan yang sudah ditaburi ragi dengan daun jambu!
(3) Cuci beras ketan hingga bersih!
(4) Setelah kukusan ketan dingin, taburi dengan ragi!
(5) Diamkan selama 2-3 hari hingga jadi tape!
(6) Lalu rendam kurang lebih 2 jam!
Susunan petunjuk tersebut yang tepat adalah ...
A. (3), (1), (4), (6), (4), (2)
B. (3), (6), (1), (4), (2), (5)
C. (5), (2), (4), (3), (6), (1)
D. (5), (6), (1), (4), (3), (2)
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam sebuah teks percobaan.
10. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Cara membuat jus tomat.
(1) Cucilah buah tomat sampai bersih!
(2) [...]
(3) Tambahkan es batu!
(4) Tambahkan gula pasir dan susu secukupnya!
(5) [...]
(6) Hidupkan blender!
(7) Tuang dan saring jus tomat ke dalam gelas!
(8) Jus tomat siap diminum.
Kalimat yang pas untuk melengkapi bagian rumpang teks percobaan tersebut adalah ...
A. (2) Hidupkan blender!
(5) Berikan air matang dingin secukupnya!
B. (2) Berikan air matang dingin secukupnya!
(5) Hidupkan blender!
C. (2) Tambahkan butiran es batu lagi!
(5) Siapkan gelas bersih!
D. (2) Masukkan ke dalam blender!
(5) Beri air matang dingin secukupnya!
Pilihlah jawaban yang tepat!
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan makna tersurat dalam kutipan teks rekaman percobaan
1. Bacalah teks berikut!
Ketahuilah bahwa sabun lidah buaya sangat alami, ramah lingkungan, dan gampang dibuat. Selain itu juga lidah buaya terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat tubuh bersih dan lebih segar.
Informasi tersurat yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. Sabun lidah buaya sukar dibuat
B. Lidah buaya dapat ditemukan di mana-mana.
C. Sabun lidah buaya membua tubuh lebih bersih dan segar.
D. Lidah buaya dapat dipakai untuk wajah.
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan kalimat utama dalam teks rekaman percobaan
2. Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.
Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Indikator Soal: Siswa dapat menyimpulkan teks rekaman percobaan.
3. Bacalah teks berikut!
Taplak meja biasanya dipakai untuk menutup dan menghias meja. Taplak meja sendiri sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah tidak kamu berpikir untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah.
Tujuan pembuatan taplak meja ini agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang berada disekitar kita sehingga lebih bernilai guna dan bermanfaat.
Simpulan teks di atas adalah ...
A. Tamplak meja sebagai penutup dan penghias meja dan bisa dibuat sendiri dengan barang bekas.
B. Tamplak meja pembuatannya cukup mudah
C. Taplak meja terdapat di toko-toko.
D. Tamplak meja dari bahan bekas tahan lama
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan teks rekaman percobaan.
4. Bacalah teks berikut!
Tikus merupakan hewan pengerat yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, harus ada langkah-langkah untuk menangani dan membasminya. Salah satu langkahnya adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
Sebetulnya, saat ini cukup banyak pilihan cara untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun tikus atau memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya bila mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Membuat jebatakan tikus dengan jebakan sederhana
B. Tikus hewan yang berkeliaran di malam hari
C. Tikus mengganggu sawah dan ladang penduduk
D. Tikus harus dibasmi
Indikator Soal: Siswa dapat menyusun kalimat petunjuk membuat suatu produk
5. Perhatikan teks berikut!
1) Tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
2) Aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.
3) Peras jus lemon ke dalam mangkuk
4) Panaskan kertas yang sudah ditulis dengan mendekatkannya ke bola lampu.
5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran
6) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
7) Tulis pesan diatas kertas putih.
Susunan langkah membuah tinta tidak terlihat tersebut yang benar adalah ....
A. (3), (1), (2), (5), (7), (6), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (7), (4), (6)
C. (3), (1), (2), (4), (6), (7), (5)
D. (2), (1), (2), (5), (7), (6), (4)
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan makna kata sulit dalam sebuah teks percobaan.
6. Cermatilah teks berikut!
Minuman adalah cairan yang dapat dikonsumsi dan dapat menghilangkan rasa haus.Cairan berupa air putih diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.
Selain air putih, ada minuman lain yang memberi khasiat tambahan lagi bagi kesehatan tubuh, yaitu susu dan jamu. Susu berasal dari hewan, seperti susu sapi yang mengandung kalsium dan protein untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jamu berasal dari rempah-rempah yang dicampur sesuai manfaat yang diharapkan, seperti jamu kunyit asam untuk menjaga berat badan.
Makna kalimat yang tercetak miring pada teks di atas adalah …
A. Air putih diperlukan untuk memberi tenaga pada tubuh demi berlangsungnya hidup.
B. Air putih diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dan mengeluarkannya kembali demi berlangsungnya hidup.
C. Air putih diperlukan untuk membentuk dan mengurangi zat di dalam tubuh demi berlangsungnya hidup.
D. Air putih diperlukan untuk mengimbangi makanan yang masuk ke dalam tubuh demi berlangsungnya hidup.
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan struktur dalam teks rekaman percobaan.
7. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cuci lidah buaya hingga bersih
2) Potong lidah buaya kecil-kecil
3) Peras lidah buaya yang sudah dipotong hingga serat nya keluar.
4) Tambahkan air sedikit
5) Tambahkan pewangi secukupnya
6) Aduklah sampai semua tercampur
Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks rekaman percobaan pada ...
A. Tujuan
B. Bahan dan alat
C. Langkah-langkah
D. Hasil
Indikator Soal: Siswa dapat menyempurnakan kalimat yang tidak padu dalam sebuah teks percobaan
8. Bacalah kalimat berikut!
(1) Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yang tidak digunakan lagi oleh seseorang, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar. (2) Sampah itu dengan sendirinya dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. (3) Sampah organik adalah sampah yang lebih mudah membusuk. (4) Sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk.
Perbaikan kalimat nomor (2) pada teks tersebut adalah ....
A. Sampah itu sendiri dibagi menjadi sampah organik dan anorganik.
B. Sampah dengan sendirinya dibagi menjadi dua bila ditilik dari sifatnya.
C. Sampah itu terdiri dari dua jenis, yakni sampah organik dan anorganik.
D. Dilihat dari sifatnya, sampah dibagi dua jenis, yaitu organik dan anorganik.
Indikator Soal: Siswa dapat menentukan langkah dalam melaksanakan suatu percobaan
9. Perhatikan petunjuk membuat tape ketan berikut!
(1) Kukus hingga matang!
(2) Bungkus ketan yang sudah ditaburi ragi dengan daun jambu!
(3) Cuci beras ketan hingga bersih!
(4) Setelah kukusan ketan dingin, taburi dengan ragi!
(5) Diamkan selama 2-3 hari hingga jadi tape!
(6) Lalu rendam kurang lebih 2 jam!
Susunan petunjuk tersebut yang tepat adalah ...
A. (3), (1), (4), (6), (4), (2)
B. (3), (6), (1), (4), (2), (5)
C. (5), (2), (4), (3), (6), (1)
D. (5), (6), (1), (4), (3), (2)
Indikator Soal: Siswa dapat menemukan kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam sebuah teks percobaan.
10. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Cara membuat jus tomat.
(1) Cucilah buah tomat sampai bersih!
(2) [...]
(3) Tambahkan es batu!
(4) Tambahkan gula pasir dan susu secukupnya!
(5) [...]
(6) Hidupkan blender!
(7) Tuang dan saring jus tomat ke dalam gelas!
(8) Jus tomat siap diminum.
Kalimat yang pas untuk melengkapi bagian rumpang teks percobaan tersebut adalah ...
A. (2) Hidupkan blender!
(5) Berikan air matang dingin secukupnya!
B. (2) Berikan air matang dingin secukupnya!
(5) Hidupkan blender!
C. (2) Tambahkan butiran es batu lagi!
(5) Siapkan gelas bersih!
D. (2) Masukkan ke dalam blender!
(5) Beri air matang dingin secukupnya!
Tidak ada komentar :
Posting Komentar